RPP Ilmu FIqh MTs Semester 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 1.1)

 

Satuan Pendidikan   : MTs Al Mizan

Kelas/Semester          : VII/1

Mata Pelajaran         : Ilmu Fiqh

Topik                         : Ilmu Fiqh

Pertemuan ke -          : 1 - 4

Alokasi Waktu          : 4 x 15 menit (3 X Pertemuan)

 

A.      Kompetensi Inti

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,  dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.       Kompetensi Dasar

1.      Memahami pengertian ilmu fiqh dasar, perintah dan larangan ajaran agama islam, dan hukum fiqh yang lima

2.      Memahami pembagian wajib dan sunat, pengertian sah, batal, syarat, dan rukun, pengertian mukallaf

3.      Memahami makna rukun islam

4.      Memahami pengertian taharah, macam-macam air, dan pembagian air

 

C.      Indikator

1.      Menjelaskan pengertian ilmu fiqh dasar, perintah dan larangan ajaran agama islam, dan hukum fiqh yang lima.

2.      Menyajikan dan menghafal pembagian wajib dan sunat, pengertain sah, batal, syarat, dan rukun, pengertian mukallaf

3.      Menjelaskan dan menghafal makna rukun islam

4.      Menjelaskan dan menghafal pengertian taharah, macam-macam air, dan pembagian air

 

D.      Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan kegiatan pembelejaran pada Bab 1, 2, dan 3, diharapkan peserta didik dapat:

Pertemuan Ke-1

1.      Memahami pengertian ilmu fiqh dasar

2.      Memahami perintah dan larangan ajaran agama islam

3.      Mendeskripsikan hukum fiqh yang lima

Pertemuan ke-2

1.      Mendeskripsikan pembagian wajib dan sunat

2.      Memahami pengertian sah, batal, syarat, dan rukun

3.      Memahami pengertian mukallaf

Pertemuan ke-3

1.      Memahami makna rukun islam

2.      Mengahafal rukun islam dan maknanya

Pertemuan ke-4

1.      Memahami pengertian tharah

2.      Menghafal macam-macam air

3.      Mendeskripsikan pembagian air

E.       Materi Ajar

Ilmu Fiqh

BAB PERTAMA : PELAJARAN ILMU FIQH DASAR

A.    Ilmu Fiqh

B.     Perintah dan Larangan

C.     Hukum yang Lima

D.    Pembagian Wajib dan Sunat

E.     Sah, Batal, Syarat, Rukun

F.      Mukallaf

BAB KEDUA : RUKUN ISLAM

A.    Rukun Islam yang Pertama

B.     Rukun Islam yang Kedua

BAB KETIGA : THAHARAH

A.    Macam-Macam Air

B.      Pembagian Air

 

F.       Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan    : Scientific

2.      Model            : Direct instruction dan Artikulasi

3.      Metode           : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab

 

G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

 

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas.

Apersepsi

Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi Fiqh yang diketahui peserta didik.

Motivasi

Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari Fiqh bagi kehidupan yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran

3 menit

Inti

Mengamati

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru pengertian ilmu fiqh

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang perintah dan larangan ajaran agama islam

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru hukum yang lima

Mempertanyakan

·         Peserta didik bertanya jawab pegertiam ilmu fiqh

·         Peserta didik bertanya jawab tentang perintah dan larangan ajaran agama islam

·         Peserta didik bertanya jawab tentang hukum yang lima

Mengeksplorasi

·         Peserta didik membaca materi/pemahaman pengertian ilmu fiqh, peruntah dan larangan ajaran agama islam, dan hukum yang lima

·         Peserta didik mengidentifikasi pengertian ilmu fiqh

·         Peserta didik mengidentifikasi perintah dan larangan ajaran agama isla

·         Peserta didik mengidentifikasi hukum yang lima

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyimpulkan pengertian ilmu fiqh

·         Peserta didik menyimpulkan perintah dan larangan agama islam

·         Peserta didik menyebutkan hukum yang lima

Mengkomunikasikan

·         Peserta didik mengerjakan soal-soal pada pertnyaan yang ada di buku

·         Peserta didik menjelaskan pengertian ilmu fiqh

·         Peserta didik menjelaskan perintah dan larangan ajaran agama islam

·         Peserta didik menyebutkan hukum yang lima

10 menit

Penutup

·         Guru memaparkan kesimpulan yang telah diajar

·         Guru mengadakan evaluasi

·         Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya

·         Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.

2 menit

 

Pertemuan ke-2

 

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas.

Apersepsi

Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi ilmu fiqh yang telah dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya.

Motivasi

Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari ilmu fiqh bagi kehidupan yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran

3 menit

Inti

Mengamati

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru pembagian wajib dan sunat

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru pengertian dari sah, batal, syarat, dan rukun

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru pengertian mukallaf

Mempertanyakan

·         Peserta didik bertanya jawab tentang pembagian wajib dan sunat

·         Peserta didik bertanya jawab pengertian dari sah, batal, syarat, dan rukun

·         Peserta didik bertanya jawab pengertian mukallaf

Mengeksplorasi

·         Peserta didik membaca materi/pemahaman tentang pembagian wajib dan sunat, pengertian sah, batal, syarat, dan rukun, dan pengertian mukllaf

·         Peserta didik mengidentifikasi pembagian wajib dan sunat

·         Peserta didik menjelaskan pengertian sah, batal, syarat, dan rukun

·         Peserta didik menjelaskan pengertian mukallaf

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyebutkan pembagian wajib dan sunat

·         Guru menyuruh peserta didik untuk maju ke depan untuk menjelaskan pengertian sah, batal, syarat, dan rukun

·         Peserta didik menjelaskan pengertian mukallaf

Mengkomunikasikan

·         Peserta didik menyajikan seluruh materi yang telah diajarkan, dari pembagian wajib dan sunat, pengertian sah, batal, syarat, dan rukun di depan teman-teman nya

·         Guru memberi reward kepada peserta didik yang berani maju untuk menyajikan seluruh materi

10 menit

Penutup

 

·         Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi ajar.

·         Guru mengadakan evaluasi.

·         Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya

·         Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.

2 menit

 

Pertemuan ke-3

 

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas.

Apersepsi

Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi Ilmu Fiqh yang telah dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya.

Motivasi

Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari Ilmu Fiqh bagi kehidupan yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran

3 menit

Inti

Mengamati

·         Peserta didik memperhatikan dan mendengarkan penjelasan makna rukun islam

Mempertanyakan

·         Peserta didik bertanya jawab makna rukun islam

Mengeksplorasi

·         Peserta didik membaca materi/pemahaman Rukun Islam dan maknanya

·         Peserta didik mengidentifikasi makna rukun islam pertama dan kedua

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyimpulkan makna rukun islam

Mengkomunikasikan

·         Peserta didik mengerjakan soal/pertanyaan yang ada di buku

·         Peserta didik menjelaskan makna rukun islam

10 menit

Penutup

·         Guru membuat simpulan tentang materi ajar.

·         Guru mengadakan evaluasi.

·         Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya

·         Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.

2 menit

 

Pertemuan ke-4

 

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas.

Apersepsi

Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi ilmu fiqh yang telah dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya.

Motivasi

Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari ilmu fiqh bagi kehidupan yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran

3 menit

Inti

Mengamati

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru pengertian thahara

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam air

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang pembagian air

Mempertanyakan

·         Peserta didik bertanya jawab pengertian thaharah

·         Peserta didik bertanya jawab tentang macam-macam air

·         Peserta didik bertanya jawab tentang pembagian air

Mengeksplorasi

·         Peserta didik membaca materi/pemahaman pengertian thaharah, macam-macam air, pembagian air

·         Peserta didik mengidentifikasi pengertian thaharah

·         Peserta didik mengidentifikasi macam-macam air

·         Peserta didik mengidentifikasi pembagian air

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyimpulkan pengertian thaharah

·         Guru menyuruh peserta didik untuk maju kedepan dan menyebutkan macam-macam air

·         Guru menyuruh peserta didik untuk maju kedepan dan menjelaskan dan menyebutkan pembagian air

Mengkomunikasikan

·         Peserta didik menyajikan seluruh materi yang telah diajarkan, dari pengertian taharah, macam-macam air, dan pembagian air di depan teman-teman nya

·         Guru memberi reward kepada peserta didik yang berani maju untuk menyajikan seluruh materi

10 menit

Penutup

·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi Ilmu Fiqh

·         Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi ajar.

·         Guru mengadakan evaluasi.

·         Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya

·         Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.

2 menit

 


 

H.      Alat dan Sumber Belajar

1.    Media:

§  Papan tulis

§  Spidol/kapur

2.    Sumber:

§  Buku Fiqh 1 Pondok Modern Darussalam Gontor

 

 

Mengetahui,

                                                                                                               Lebak,         Oktober 2020                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

 

 

 

 

 

Kepala MTs                                                                                            ArdiningrumDwi S.P

 

 #RPPIlmuFIqhMTsSemester1

 

 Follow my Instagram : @putriseptyas

Subscribe my Youtube Channel : Septyas Puri

 

Comments

Popular posts from this blog

DASA DHARMA PRAMUKA 3 BAHASA {INDONESIA, INGGRIS, ARAB}

TRI SATYA 3 BAHASA {INGGRIS, INDONESIA, ARAB}

PANCASILA 3 BAHASA {INGGRIS, INDONESIA, ARAB}